Mental Panci-Teflon-Anti-Gores

29 Jun

http://birokreasi.com/2016/06/mengenal-kaum-miskin-urban-anak-anak-muda-yang-kere-kelaparan-tapi-eksis/

Artikel yang super sekali…

Tergelitik dengan salah satu kalimat dalam artikel —> “Ada juga seorang ayah yang tidak pernah liburan selama 13 tahun hanya agar bisa membiayai pendidikan anaknya di luar negeri.”

Gak usah jauh-jauh, ayah saya (sepertinya) berhenti berlibur sejak menikah dan memiliki anak. Semua atas nama tanggung jawab. Dia juga orang yang paling sering mengorbankan kepentingannya untuk membeli sesuatu yang ia suka demi biaya sekolah dan les ini itu anak2nya.

Hidup sebagai anak PNS, dari kecil sudah terbiasa menjadi ‘outsider’ dari kemewahan yang dirasakan teman-teman atau kenalan-kenalan lain. Awalnya pahit, bayangkan, waktu pindah ke Jakarta kelas 3 SD saya kerap diejek karena membawa bekal setiap hari. Bukan karena tidak mau jajan sembarangan, tapi karena memang tidak ada uang saku untuk dihabiskan. Ayah dan ibu nampaknya paham, kemudian selalu ‘menyemangati’ dengan senyum bahagia sembari menyiapkan bekal. “Anak yang bawa bekal itu kereeeeen!! Berarti orangtuanya peduli sama anaknya. Sehat juga karena gak makanan jajajan yang dikerumuni lalat… Bla bla”. Sampai akhirnya saya percaya, kalau anak yang bawa bekal itu keren. Dan sampai kini pun masih bawa bekal kalau ke kantor. Alasannya yaa masih sama, hemat dan sehat! Wkwkwk.

Memang perlu mental panci-teflon-anti-gores untuk bertahan dari masa remaja dan ‘society’ yang keras itu. Saya mah gak apa2 gak dianggap keren, yang penting saya gak punya utang. Gak apa-apa punya mobil bukan yang merk mewah tiada tara, yang penting belinya ngga kreditan. Gak apa-apa masih suka ngangkot kemana-mana, yang penting tabungannya gendut dan bisa liburan tanpa perlu menghemat salah satu pos. Lha wong dari lahir hidup sudah hemat. Hidup di masyarakat yang penuh tekanan ini, kuncinya cuma satu, tutup kuping-pasang kacamata kuda-senyum.

Bermewah-mewah sambil menyenangkan diri sendiri sekali-kali boleh lah, asal tidak menjadi keharusan di atas segalanya, kemudian terjebak dalam filosofi “biar mau dikata… eksis!”

Ya begitulah. ^^

 

Jakarta, 29 Juni 2016 (11.53 am)

Chibi Ranran

I’m Marrying My Junior High School Friend

30 Mei

4

Jodoh itu sesungguhnya dekat. Hanya saja keduanya akan saling bertemu pada saat dan waktu yang tepat. Demikianlah yang disebut dengan indah pada waktunya.

Siapa sangka saya akan dinikahi olehnya, seorang teman dari masa SMP. Belasan tahun berlalu, kemudian bertemu lagi pada bulan yang penuh rahmat saat reuni buka puasa tahun lalu. Sebulan kemudian, ia mengajak saya menikah. Lalu ia menunggu hingga prajab dan diklat fungsional peneliti yang saya selesai.

Lima bulan kemudian, ia datang ke rumah untuk melamar saya. Takdir membawa kami menikah di Masjid At Tin. Sebuah keajaiban karena ada waktu kosong pada bulan Mei, di saat semua gedung yang kami kontak telah penuh terpesan.

29 Mei 2016, sebuah perjanjian yang menggetarkan Arsy dikumandangkan. Perjanjian yang membuat ia menjadi pelindung saya menggantikan ayah yang telah menjaga saya selama 29 tahun 10 bulan. Terima kasih ayah, ibu, dan kakak atas cinta yang luar biasa selama ini.

Perjalanan baru telah dimulai. Jodoh yang dipilih dan direstui oleh Yang Maha Kuasa. Tali jodoh yang sudah ada bahkan sebelum kami dilahirkan ke dunia. Yang kemudian keduanya saling mempertemukan pada waktu dan cara yang sempurna.

 

Banten, 30 Mei 2016 (10.30 am)

Chibi Ranran

 

*sembari menunggu flight ke Penang bersama ia yang menikahiku kemarin❤

Mimpimu dan Mimpiku

29 Apr

alpha

Very strong point of view for all girls..

Pada akhirnya akan ada lelaki yg menerima segala kelebihan (gelar akademis, dll) dan kekurangan (bad habit, dll). Tumbuh dan membangun impian bersama. Bukan mimpimu adalah mimpiku atau mimpiku adalah mimpimu.

Mimpiku dan mimpimu pada hakikatnya adalah mimpi kita bersama. Saling mendukung dan menjaga untuk menemukan alasan mengapa kita dilahirkan. Bukan tumbuh dan berjaya sendiri namun melayukan bahkan mematikan impian salah satu pasangan.

Itu yang saya sebut sebagai bersama dalam kebaikan.

 

Bandung, 29 April 2016
Chibi Ranran (yang akhirnya menemukan lelaki untuk tumbuh bersama dalam kebaikan. Insya Allah)

Cyberbullying is Not Cool!

8 Apr

Selama pendidikan peneliti, saya membuat riset tentang cyberbullying. Salah satu bentuk cyberbullying adalah harrasment atau mempermalukan secara terus menerus, berulang-ulang.

Mungkin hampir semua sedang bereforia terhadap kasus remaja SMA yang kini jadi bulan2an di media sosial karena mengaku2 sebagai anak jenderal. Akibatnya fatal, ayah si remaja dikabarkan meninggal karena serangan jantung akibat malu dengan pemberitaan di media mengenai anaknya.

Lalu, siapa yang membunuh ayah si remaja? Apakah penyakit atau kelakuan anaknya? Hmm, saya rasa yang membunuhnya adalah para pembagi berita dan orang2 yang komentar2 tajam tentang si remaja. Tak seorang pun memiliki hak untuk menghakimi, karena itu adalah ranah hukum.

Tak seorang pun punya hak untuk mempermalukan, karena setiap manusia tidak ada yang 100% baik. Sadar atau tidak sadar, kita telah menjadi pelaku cyberbullying, yang tidak hanya membunuh karakter seseorang di dunia maya, tapi juga di dunia nyata.. Tidak merasa bersalah? Well, ‘efek kokpit’ adalah penjelasan logisnya. Tidak tahu efek kokpit? Silahkan digugel dengan seksama.

Sebelum posting sesuatu, ingat THINK: is it True? Is it Helpful? Is it Inspiring? Is it Necessary? Is it Kind? Cyberbullying is not cool!

 

Jakarta, 8 April 2016

Chibi Ranran

Januari Istimewa

15 Jan

Siapa sangka momen ini akan tiba juga. Selasa, 5 Januari 2016 lalu, saya dilamar oleh pacar di dalam mobil saat perjalanan pulang dari Kemang Village. Sebenarnya sih dari awal nembak, si pacar juga udah bilang kalau dia ngga mencari pacar, tapi cari calon istri. Walaupun gak ada bunga, gak ada cincin (udah nyari2 belum dapat, haha), tapi kata-katanya bikin meleleh. Hehehe❤

Minggu 10 Januari 2016, pacar pun ke rumah dan meminta izin kepada ayah ibu untuk menikahi saya dan membawa keluarganya untuk berkenalan. Kali ini spesial karena ia membawa 9 muffin cokelat super enak yang ia buat sendiri sampai jam 12 malam. Nyam nyam. Alhamdulillah lamaran diterima oleh ayah dengan sebuah pesan yang membuat saya menitikan airmata…

Satu-satunya foto yang dipunya dan gelaaap... Hiks

Satu-satunya foto yang dipunya dan gelaaap… Hiks (candid sih hihihi)

Kata ayah, “Kalau masalah rezeki, Insya Allah ada rezekinya masing-masing. Saya tidak khawatir itu. Satu pesan saya, anak kesayangan saya ini, chibi, yang kalau dirumah saya panggil neno, saya rawat sejak bayi sampai sekarang dengan baik. Gak pernah saya kasari, gak pernah saya pukul, gak pernah ada kata-kata kotor atau kata-kata kebun binatang keluar dari mulut saya. Saya harap kamu memperlakukan dia sama seperti saya memperlakukan dia.” Pesan ayah ini bahkan diulang sampai 3 kali dan dijawab dengan anggukan dari pacar seraya berkata “Insya Allah, pak” sembari melihat ke arah saya.

Rencana pernikahan yang tadinya bulan April pun digeser ke bulan Mei karena terbentur jadwal diklat peneliti yang harus saya ikuti. Teman-teman agak sangsi apakah kami akan mendapat gedung atau tidak di bulan Mei karena waktunya sangat singkat. Apalagi di Jakarta, untuk resepsi biasanya memesan H-1 tahun bukan H-4 bulan seperti rencana kami. Tapi saya mah Lillahi ta’ala aja. Dengan keyakinan bahwa kalau jodoh pasti dimudahkan dan kalau jodoh gak pake drama dan airmata, saya pun percaya Allah akan memberi kemudahan.

Muffin coklat tinggal 6, sudah dimakan 4 :D

Muffin coklat tinggal 6, sudah dimakan 3😀

Dan benar saja, sehari setelah dilamar, dalam waktu kurang dari 2 jam saya berhasil booking tempat untuk menikah. Akad dan resepsi Minggu, 29 Mei 2016 di Masjid Agung At Tin, tempat yang paling saya idamkan untuk menikah. Memulai sesuatu yang baik di tempat yang baik. Insya Allah.

Mulai menelepon berbagai gedung dan masjid di area Jakarta jam 10 pagi dengan modal pulsa Rp100ribu dari pacar yang kini menjadi calon suami aka cami. Haha. Namun hampir semua gedung sudah full booked sampai bulan Oktober November 2016 dan baru ada waktu kosong bulan Desember. Yang lucu, saat itu saya belum menelepon At Tin karena tidak yakin ada jadwal kosong. Apalagi At Tin salah satu tempat favorit untuk menikah. Huft.

Dengan modal Bismillah ada Allah yang menolong, saya pun mencoba menelepon At Tin untuk menanyakan jadwal kosong. Dan ternyata di bulan Mei masih ada satu akhir pekan yang kosong yaitu Minggu, 29 Mei 2016! Alhamdulillah. Segera saya mengabari orangtua dan cami, kemudian mem-booking At Tin untuk akad dan resepsi.

Sewa tempat untuk akad nikah standar di At Tin biayanya Rp4juta dan akad vip Rp6juta. Bedanya apa? Hanya motif karpet dan jenis kursi saja. Plus ada hiasan cantik untuk yang vip. Wkwkwk. Untuk resepsi di aula + selasar yang berkapasitas 600 undangan dikenakan biaya Rp15juta. Harga untuk sewa tempat saja, belum termasuk KUA, penghulu, dan sebagainya. Resepsi siang atau malam tidak ada perbedaan harga. Mau akad saja, atau resepsi saja, atau akad + resepsi semua diperbolehkan oleh At Tin. Booking untuk 5 hari kerja, jika tidak membayar DP 30% sebelum masa jatuh tempo maka otomatis akan batal.

At Tin

Selasa, 12 Januari 2016 sore saya dan cami pun ke At Tin untuk bertemu dengan Pak Ridwan salah satu petugas sekretariat At Tin. Minta info denah, rekanan catering, dan foto-foto aula + selasar At Tin. Total ada 19 rekanan At Tin yaitu Ayla, Alfabet, Dwitunggal Citra (DTC), Casablanca, Diamond, Nabila, Nendia, Nur Kharisma, Maharani, Mitra Wangi, Manna Cipta Rasa, Kiki, Permata, Puspita, Puspa, Sawargi, Rizqy Agung, Hj. Tinah, dan Tidar’s. Wah ada banyak pilihan! Untuk catering non rekanan dikenakan charge 30%.

Numpang foto di At Tin sebelum pulang ^^

Numpang foto di At Tin sebelum pulang ^^

Setelah puas foto-foto, malamnya saya pun segera mentransfer DP 30% via atm ke rekening Masjid Agung At Tin. Alhamdulillah lega. Sekarang waktunya hunting catering. 9 Januari kemarin sempat test food Amira catering di Balai Makarti. Rasa dan dekornya boleh juga. Meskipun belum masuk rekanan At Tin, tapi harganya masih terjangkau kantong saya dan cami yang bertekad membiayai sendiri pernikahan kami. Mohon doanya, semoga lancar rezeki dan lancar semuanya. Aamin ^^

Bagi calon pengantin (capeng) yang butuh info At Tin silahkan hubungi ke:

Masjid Agung At Tin

Jl. Raya Taman Mini Jakarta 13560, Indonesia

Telepon: 021-8779-4272, 8779-5564, 8778-1602 Ext 132

Fax: 021-8779-0054

Website: http://www.masjidagungattin.info

atau menghubungi langsung ke petugas sekretariat

Pak Ridwan (HP.0888-1037-180/0878-8502-8056)

Pak Amir (HP.0877-8458-1497/0813-8591-2475)

 

Salam,

Chibi Ranran

Catatan Akhir Tahun 2015

30 Des

What happened in 2015?? Well, lemme recall my memories~

Januari

Pretty much nothing happened except my last month working at the best place to work ever! I really like this people…❤

jan

February

So.. I start working as a researcher…

 

March

New friends… We are Bus 3 buddies😀

maret

April

Mom made this supeeeeeer yummy sandwich!! Love you mom to the moon and back :*

april1

May

My first research field at Yogyakarta for a week and did in-depth-interview with four virtual communities. The best part was being able to see my Salemba School friends. Miss them so much❤

may2

may2

 

My first seminar intern at owffice ^^

may 3

3D2N Office meeting at Cibodas Botanical Garden. Consider this as short gateaway from hecticness😀

may

June

Attending 6-day Research Methodology Training at Santika Hotel. Held by Ministry of Education and Cultural. The speaker was Prof. Dr. Bernd Nothofer (University of Frankfurt) expert on Austronesia who can speak Indonesian, Malay, German, English, and French. Superb!!jun

July

My second book title The Unofficial Book of Daehan Minguk Manse published! I wrote this on June (if I’m not wrong :p). Half of royalty per book per month for charity and social activities…

DMM Book

August

Somebody stole my heart! And I become his😀

This is his first delivery for me… love it!

aug

First time as MC for 2-day seminar Recording the Future (KITLV)

aug

September

First on air on Dreamers Radio and talk about Daehan Minguk Manse, Daehan Minguk Manse INDONESIA Fans Club, and Daehan Minguk Manse book. All about DMM ^^

sept

October

Bogor Botanical Garden~~ short gateaway with him❤

oct

I lost my special one… T^T

oct 2

November

Trigona Bee, they are more than just a friends… my new family

Trigona Bee

Second on air on KPOP ZONE Pas FM. Chit chat about Daehan Minguk Manse ^^

nov

December

In the middle of hecticness, craziness, tiredness… he sent me this beautiful blueberry cheesecake (my super fave one!). Kinda melt my heart away… Love u! (Happiness at office 5pm 10 dec 2015)

dec1

He really love this picture… Looks like we travel to other city, in fact that this is located in East Java pavilion at Taman Mini Indonesia Indah or miniature of Indonesia.

dec

Bittersweet 2015… I lost many things but receive a lot too. Especially… my boo. Alhamdulillah… Thank you❤

 

Jakarta, 30 December 2015 (2pm)

Chibi Ranran

2015 in Review (Indonesian ver)

30 Des

Asisten statistik WordPress.com menyiapkan laporan tahunan 2015 untuk blog ini.

Berikut ini kutipannya:

Aula konser di Sydney Opera House menampung 2.700 orang. Blog ini telah dilihat sekitar 13.000 kali di 2015. Jika itu adalah konser di Sydney Opera House, dibutuhkan sekitar 5 penampilan terlaris bagi orang sebanyak itu untuk menontonnya.

Klik di sini untuk melihat laporan lengkap.

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 337 pengikut lainnya