Tag Archives: bandung

My Life as a Researcher: I’m in Bandung

4 Mei

Jadi peneliti itu berat. Sebab berulang kali harus meninggalkan keluarga untuk penelitian maupun konferensi. Alhamdulillah punya keluarga yang selalu support. Sebab mereka tahu, sejauh apapun kaki ini melangkah, pada akhirnya akan selalu menuju jalan pulang. Sering bepergian juga membuat kita menghargai kebersamaan keluarga. Dan membuat perasaan rindu rumah begitu membuncah. Membuat kita menghargai apa yang ditinggalkan di sana. 
Bandung, 4 Mei 2017

Chibi Ranran

Iklan

Trip ke Kawah Putih dan Bandung

18 Apr

Minggu lalu tepatnya 12 April gw trip ke Bandung dan Kawah Putih. Lumayan untuk menghilangkan penat sejenak dari hectic-nya hidup di ibukota. Cailah..  Biar lebih seru, gw pun memutuskan untuk ngeteng aka menggunakan transportasi umum. Boleh 3x naik taksi kalau udah kepepet. Wkwkwk.

Dengan restu kedua orangtua dan baca doa gw pun memulai trip 2H1M ke Kawah Putih dan Bandung. Yay!

Sabtu, 12 April 2014

Jam 9
Naik Cipaganti dari Dewi Sartika sampai Dipatiukur, Bandung dengan harga tiket Rp100.000. 15 menit sebelum shuttlenya berangkat kita udah wajib check in dan duduk manis di ruang tunggu.  Menarik nih! Sebab semua penumpangnya cowok semua dan gw satu-satunya cewek. Gak biasanya dalam hidup gw dikelilingi begitu banyak testosteron. Soalnya dari dulu teman kuliah, teman les, teman klub, teman kerja mayoritas isinya cewek. Ohohoho… Ternyata rasanya gak enak juga ya, soalnya gak bisa selfie. Malu cyiiiinnnnn~ (x____x) *ceritanya jaga image

Jam 11.20
Setelah menempuh perjalanan lebih dari 150km akhirnya sampai juga di Dipatiukur, Bandung. Pool Cipaganti ini deket dari Unpad dan Unikom. Gw pun bergegas mencari McDonald simpang Dago yang berada beberapa ratus meter dari pool. Lumayan jalan kaki 10 menit sekalian peregangan abis duduk berjam-jam. Hueee…

Rencananya hari ini mau langsung cabcus ke Kawah Putih. Besoknya baru putar-putar Bandung. Jalurnya adalah naik angkot Dago-Kalapa sambung Kalapa-Soreang sambung Soreang-Ciwidey lalu Ciwidey-Kawah Putih. Jauh ya!! Kira-kira dari Bandung ke Kawah Putih butuh waktu 3 jam jika naik angkot dan 2 jam jika naik mobil pribadi. Perbedaannya cuma di angkot yang ngetem nunggu sampe penumpang penuh. Hiks.

Jam 12.30
Naik angkot jurusan Dago-Kalapa. Kira-kira 30 menit sampailah saya di Kalapa. Jangan lupa bayar ongkos Rp4.000 yah.

Jam 13.00
Sampai juga di Kalapa! Biar gak nyasar jangan lupa nanya ke mamang becak ato mamang penjual minuman yah. Biar ditunjukin angkot Kalapa-Soreang.

Perjalanan sampai Soreang sekitar 1,5 jam dengan ongkos Rp8.000. Awalnya udara panas, gerah, dan di kiri kanan jalan banyak toko-toko atau perumahan. Lama kelamaan kiri kanan jalan pemandangannya berubah menjadi hamparan sawah dan pegunungan plus angin sejuk yang bikin hati adem.

image

Jam 14.30
Tiba di Soreang. Alhamdulillah gw selalu dapat angkot yang penuh dan langsung jalan, jadi gak nunggu lama. Dari Soreang gw pun naik angkot menuju Ciwidey, gak lama kok hanya 30 menit dengan pemandangan gunung-gunung dan jalur yang seperti lagu naik-naik ke puncak gunung. Hihihi. Jangan lupa bayar ongkos Rp7.000 yah.

Jam 15.00
Saatnya mencari angkot kuning menuju Kawah Putih! Yay! Tapiiiii karena udah sore dan yang mau naik ke Kawah Putih udah gak ada lagi, jadilah gw tawar menawar sama mamang angkotnya. Untuk paket all in (termasuk biaya masuk Kawah, ongkos, ditungguin selama yang kita mau, dan balik lagi ke Ciwidey) harga normal Rp50.000/ orang. Tapi karena hari sudah sore, si mamang pun menawarkan Rp200.000 all in/mobil (bukan per orang ya). Eww mahal ya! Tapi ya udahlah, daripada nunggu 5jam dan tetep ga ada orang yang bakal naik lagi ke Kawah Putih, jadilah gw terima tawarannya. Oleh karena paket all ini, gw ga perlu naik ontang-anting sampai ke Kawah Putih. Cukup duduk manis gaya bebas sambil menikmati penjelasan tur dari mamang angkot bernama Pak Baso yang jadi tour guide dadakan. Katanya kalo mau ke Kawah Putih lagi atau tur ke sekitar Ciwidey boleh lah kontak nomor hp-nya untuk carter. Sip sip sip… ^^

Jam 16.00
Kira-kira 1 jam perjalanan, tibalah gw di Kawah Putih! Yay! Ada info dari petugas, sebaiknya di lokasi kawah 15 menit saja karena lebih dari itu bisa pusing-pusing atau muntah karena kelamaan menghirup bau belerang. Ok lah. Siap! Ini dia foto-fotonya. Lalala

image

Jam 16.15
Sesuai instruksi petugas, gw pun undur diri dari lokasi kawah. Kalau mau lebih lama sih terserah ya.. tapi berhubung gw udah pusing, jadi buru-buru cabut. Hahaha. Lagian dingin juga, saat itu suhu sekitar di bawah 10 derajat. Oww.. Sebelum balik Ciwidey jangan lupa ke toilet dulu. Di kawasan Kawah Putih tersedia toilet bayar Rp1.000 dan ada mushola.

Jam 16.30
Saatnya kembali ke Ciwidey. Turun gunung! Wkwkwk. Mampir sebentar beli stroberi yang murah meriah. Paket kecil Rp2.500/ kemasan dan paket besar Rp12.500/ kemasan. Kira-kira 1 jam perjalanan sampailah saya di Ciwidey dan cari angkot balik ke Bandung.

Jam 17.30
Berhubung sudah sore, angkot jurusan Soreang yang tadi saya naiki ternyata udah gak ada. Untung masih tersedia angkot biru jurusan Ciwidey-Terminal Leuwi Panjang. Okelah.. Mari kita naik. Bismillah.

Mungkin karena muka gw terlihat bukan pemilik KTP Bandung, bapak-bapak yang duduk di sebelah gw ngajak ngobrol. Beliau sekeluarga dengan istri dan dua anaknya yang masih balita. Dengan baik hati beliau memberi petunjuk angkot dari Terminal Leuwi Panjang ke Jalan Asia Afrika. Kebetulan gw nginap di Savoy Homman Hotel yang terletak di seberang Museum Asia Afrika. Kata bapaknya dari terminal naik bis Caheum No 9 turun di BRI Asia Afrika. Kalau bisnya udah gak ada, naik angkot menuju ITC lalu jalan kaki atau naik ojek sampai Savoy. Wah makasih banyak ya, pak!

Setelah ngetem 30 menit, jalan juga si angkot. Oleh karena malam minggu, jalanan pun agak macet. Gw tiba di Terminal Leuwi Panjang sekitar jam 19.30. Waktu tempuh 2 jam dan ongkos Rp10.000.

Jam 19.30
Wah karena kemalaman, bis terakhir udah berangkat. Jadilah gw naik angkot menuju ITC selama 30 menit dengan ongkos Rp4.000. Lumayan juga ni jalan dari ITC ke Asia Afrika. Jalan malam sambil lihat-lihat pasar malam yang jual berbagai barang seperti tas, baju, boneka, topi, dan sebagainya. Untung ada aplikasi Waze jadi bisa ikuti rute semacam gps. Hihihi.

Jam 21.00
Tiba di hotel! Check in dan masuk kamar! Yay!! Alasan gw milih hotel ini adalah karena sejarahnya. Ketika ada konferensi Asia Afrika tahun 1955, delegasi-delegasi negara tamu menginapnya di Savoy. Wow luar biasa!

image

Minggu, 13 April 2014

Jam 7.30
Udah mandi, udah wangi, udah packing, dan siap-siao meluncur ke Batavia Garden untuk sarapan pagi di Hotel. Nyam nyam

image

Jam 10.30
Check out hotel, kembali membawa backpack, dan siap putar-putar Bandung. Hari ini cuma pengen ke Museum Asia Afrika dan NuArt Galeri milik Nyoman Nuarta yang bikin patung fenomenal Garuda Wisnu Kencana di Bali.

Jam 10.35
Jalan 5 menit sampai deh di Museum Asia Afrika. Setelah isi buku tamu, boleh langsung masuk, dan gratis! Hihihi
image

Jam 11.30
Setelah puas di museum, gw pun jalan-jalan sebentar di Alun-Alun dan Mesjid Raya. Ramai juga hari Minggu banyak yang ngadem. Gak lama, gw lalu meluncur ke NuArt Galeri. Teman gw bilang galerinya lagi direnovasi, tapi beberapa hari sebelum ke Bandung gw udh kontak pihak Marketingnya dan dia bilang buka. Jadilah gw berkunjung ke sana.

Karena panas dan mager alias males gerak gw pun memutuskan naik taksi. Hihihi. Ealah mahal juga ya dari Alun-Alun sampai NuArt (pakai nyasar) bayar Rp43.000. Huft. Ya sudah deh.. hehehe.

Jam 12.30
Tiba di NuArt yang penuh ruang terbuka hijau dengan hamparan patung-patung dari metal plus disambut banyak fotografer lagi ikut lomba foto NuArt. Trus galerinya dimana?? Lhooo kok renovasi?? Eaaah.. Gw pun menuju N Cafe dan bertanya ke petugas di sana. Betapa terkejutnya gw karena galeri masih tutup karena renovasi. Huft! Salah info, salah siapa? Ya sudahlah.. nikmati aja apa yang ada.

image

Jam 13.30
Nongkrong di N Cafe yang berada di dalam lokasi NuArt. Harga minumannya mulai Rp6.000an sampai Rp30.000an. Makanannya mulai Rp35.000an ke atas. Lupa harga pastinya, tapi rangenya segitu deh..

Jam 14.20
Saatnya ke BTC alias Bandung Trade Center. Beruntung nemu taksi di depan NuArt karena galeri ini terletak di semacam komplek perumahaan yang gak ada angkutan umum, adanya ojek. Gw pikir ke BTC itu jauh ternyata deket banget! 10 menit sampai dan ongkos taksinya Rp12.500. Walau begitu, mamang taksinya minta Rp20.000 karena minimal argo Rp20.000. Hee?? Yah lain ladang, lain belalang.

Jam 14.30
Kita nge-mall dulu sambil nungguin Cipaganti jurusan BTC-Lenteng Agung yang berangkat jam 16.00, ongkos Rp90.000.

Jam 16.00
Sampai jumpa lagi Bandung!! Saya pulang dulu.. Meskipun hujan dan macet dan tiba di rumah jam 19.00 tapi perjalanan ini menyenangkan. Yay! Alhamdulillah..

Jakarta, 18 April 2014 (19.30-21.00 wib)
Chibi Ranran

Ps: thanks to my bear yang selalu menemani

Selamat Tahun Baru 2012! *(^o^)*

31 Des

Ini adalah postingan terakhir pada tahun 2011! Yeaaaayy.. Dan besok adalah postingan pertama pada tahun 2012!! Happy new year everybody!! Selamat tahun baru 2012!! ҉(‾▿‾҉) ҉( ‾▿‾ )҉ (҉‾▿‾)҉

Tadinya gw mo bikin ringkasan hidup gw yang terjadi tiap bulan 2011. Tapiiiii.. Kok gw ga inget yah?? Tanda udah tuwir niy… Hihihi :p

Tahun ini sih mayoritas “hanya” diisi oleh kepusingan tesis, sidang, bla bla bla. Soalnya kalo tesis belum kelar, gw males ngapa2in sih… Januari-Mei gw hokus fokus di perpus, nesis, ngoding, dll. Juni gw sidang dan lulus dengan gegap gempita. Alhamdulillah yah.. Sesuatu deh.

Bulan Juli ni yang agak ramean kegiatan gw karena udah lulus juga. Bulan ini gw ngumpulin hardcopy n softcopy tesis, daftar wisuda, fitting toga, trus temen gw dari Korea yang namanya Hyesung datang ke Indonesia. Nginep di rumah gw n liburan bareng ke Makassar dan Toraja. Trus pertama kalinya gw menghadiri upacara kematian di Toraja. Ultah di Toraja juga bareng sodara2 mama di sana. Heboh dinyanyiin. Seneng bgt deh!! Trus setelah dari Toraja, gw liburan ke Korea bareng nyokap.

Agustus gw ke Bandung sama nyokap lagi buat belanja baju2 lucu. September gw partime kerja di Lotte Shopping Plaza yang satu grup dengan Lottemart. Lotte Shopping Plaza lagi bikin mall di Mega Kuningan.

Bulan November ada lowongan tetap di Lotte. Alhamdulillah gw pun kerja tetap di Lotte. Kantornya di Sampoerna Strategic Square. Wihhh.. Gedung impian gw sejak zaman kuliah. Hihihi #sesuatu #akibatLawOfAttraction. Bulan ini juga gw ngajakin temen2 SMP gw untuk bikin Baksos pengobatan massal gratis untuk guru2, siswa, dan warga sekitar SMP 102, Cijantung. Soalnya di angkatan gw banyak yang jadi dokter, jadi bisa nih diberdayakan buat bikin baksos. Hehehe.. Gw n temen gw juga udah ketemuan sama pak Kepsek dan perwakilan RW. Insya Allah baksos dilakukan tanggal 21 Januari 2012. Doain yah lancar jaya! Amiinnnnn *(˘▽˘)*

Desember gw dapat gaji pertama sebagai karyawan Lotte. Bisa beliin mama tas yang mahaaaaall, beliin papa tas tennis Wilson yang trendi abis. Dan bisa beliin mereka parfum. Bisa ngambil anak asuh 3 orang dan bisa jajanin mama papa. Alhamdulillah banget deh…

Gw juga seneng banget di kantor gw. Bos2nya orang Korea, baik2. Bos2 orang Indonesia juga baik2. Teman2 kantor juga asik2. Senang selalu, selalu senang deh pokoknya… Hehehe.

Gw bersyukur banget ni sama Allah yang selalu baik sama gw. Alhamdulillah.. Makasih banyak Ya Allah. Plussss.. Makasih juga buat teman2 yang udah baca blog unyu2 ini. Hehehe. Semoga tahun 2012 menyenangkan, sukses, bahagia, dan membawa berkah bagi kita semuaaa! Aminnnn… Bismillah… (^,^)

Jakarta, 31 Desember 2011 (Pk.20.00-20.25 WIB)
Chibi Ranran